NEW MEDIA
Definisi
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang
berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana
perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat,
produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan
teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar
teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat,
interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet,
website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Manfaat New Media
• Bidang
Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat
misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat
seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan
menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan
semua user dibelahan dunia manapun.
• Bidang
Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin
menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk
membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang
dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui
facebook, twitter atau kaskus.
• Bidang
Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun
pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine
kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar
informasi.
• Bidang
Lowongan Kerja
Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup
searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes
masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke
kantor.
Komponen New Media
Pada new media ada beberapa komponen seperti
Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new
media,diantaranya adalah sebagai berikut:
• Produsen
merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri
komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
• Distributoradalah
sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang
berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
• Konsumenadalah
orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang
berfungsi untuk memakai new media.
1. Internet
& Web
2. Personal
Komputer (PC) / Notebook
3. DVDs
(Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4. VCDs
(Compact Discs)
5. Portable
Media Player.
6. Mobile
Phone.
7. Video
Game/ Game Computer.
8. Virtual
Reality.
Aplikasi New Media
1. Jejaring
Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu
facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat
mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa
updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini
adalah biaya murah, cepat dan mudah.
2. Online
Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan
melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat
bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun
kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
3. Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini,
dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia,
google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan
new media, yaitu :
- Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang
merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk
mencari berita.
- CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya
yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti
koran/majalah
.
- Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang
menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan
dan berita secara audio visual.
- Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang
menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi
langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan
pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada
yang menyediakan buku elektronik (e-book).
Dan sebagainya.
Komentar
Posting Komentar